Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Anni Maker dengan Pendekatan Kontekstual.
sesi foto
Yogyakarta, 2024 – Nurul Muthaharaini Maspeke, mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, berhasil menyelesaikan tesis dengan judul: "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Anni Maker dengan Pendekatan Kontekstual."
Penelitian ini berangkat dari permasalahan media pembelajaran di MAN 3 Bantul yang selama ini hanya mengandalkan PowerPoint (PPT) dan buku ajar. Hal ini menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran serta kesulitan dalam memahami materi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa, khususnya pada materi Qawaid dan maharah Istima'.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MAN 3 Bantul, dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji N-Gain dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 27.
Hasil Penelitian:
1. Produk Multimedia Pembelajaran:
Produk berupa video pembelajaran bahasa Arab untuk kelas X semester ganjil, dengan materi aqsamul kalimat, ḍamir, serta mufrod, mutsanna, dan jama’.
2. Kelayakan Multimedia:
Berdasarkan uji ahli, multimedia pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan hasil sebagai berikut:
Penilaian ahli materi memperoleh rata-rata 87% (kategori "sangat layak").
Penilaian ahli media memperoleh rata-rata 82% (kategori "sangat layak").
3. Efektivitas Pembelajaran:
Hasil uji T-test menunjukkan nilai 0,01, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor N-Gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,97% dengan kategori “cukup efektif”.
Penelitian ini membuktikan bahwa multimedia pembelajaran berbasis konteks dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dan menjadi solusi inovatif bagi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efektif.