Shortcourse Penulisan Tesis Berbahasa Arab #6 Program Magister Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Shortcourse Penulisan Tesis Berbahasa Arab #6
Program Magister Pendidikan Bahasa Arab FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta, 4 Juli 2025 – Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan Shortcourse Penulisan Tesis Berbahasa Arab #6. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 4 Juli 2025 pukul 13.30 WIB ini mengangkat tema “Struktur Kalimat Argumentasi dalam Bahasa Arab” dan diikuti secara antusias oleh mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab. Hadir sebagai narasumber utama, Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag, dengan Zidna Ilma Dian, S.Pd sebagai moderator sekaligus notulis.

Dalam pembukaan, disampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan menyusun kalimat argumentasi yang sistematis, logis, dan sesuai kaidah kebahasaan Arab. Kalimat argumentasi merupakan elemen penting dalam karya ilmiah karena memadukan unsur klaim, dalil, dan bukti untuk menghasilkan kesimpulan yang kuat. Materi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penulisan tesis mahasiswa agar lebih kokoh secara isi dan elegan dalam penyajian bahasa.

Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag menjelaskan bahwa kalimat argumentasi dalam bahasa Arab memiliki ciri khas tersendiri. Di antaranya penggunaan partikel-partikel penting seperti إِنَّ، لِأَنَّ، فَ، لَكِنَّ، كَيْ، إِذًا, penyusunan jumlah mufidah (kalimat lengkap), serta dukungan dalil naqli (Al-Qur’an dan Hadis) maupun dalil ‘aqli (logika). Selain itu, gaya bahasa Arab seperti analogi (tasybih), retorika (balaghah), dan qiyas menjadi perangkat penting untuk memperkuat argumentasi dalam penulisan akademik.

Mahasiswa juga diperkenalkan pada susunan logis kalimat argumentasi yang terdiri atas tesis (klaim), dalil (alasan logis), bukti atau contoh konkret, dan kesimpulan sebagai penegasan ulang. Materi ini dilengkapi dengan praktik penyusunan kalimat argumentasi dalam dua bahasa (Indonesia dan Arab) agar mahasiswa lebih mudah memahami perbedaan struktur dan gaya penyampaian di masing-masing bahasa.

Kegiatan yang berlangsung dengan suasana hangat dan interaktif ini diharapkan mampu membantu mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Arab dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, sekaligus mempersiapkan diri untuk menyusun tesis sesuai standar akademik yang berlaku.