Analisis Kitab Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah" Karya Ahmad Ali Hammam dari Perspektif Teori William Francis Mackey
Analisis Kitab "Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah" Karya Ahmad Ali Hammam dari Perspektif Teo
Analisis Kitab "Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah" Karya Ahmad Ali Hammam dari Perspektif Teori William Francis Mackey
Yogyakarta, 14 Januari 2025 – Heni Wahyuni, mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, telah berhasil menyelesaikan tesis yang mengkaji kitab Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah karya Ahmad Ali Hammam. Penelitian ini berfokus pada analisis penyajian kitab tersebut dari perspektif teori pembelajaran bahasa yang dikembangkan oleh William Francis Mackey, khususnya dalam aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi pembelajaran.
Tesis yang disusun oleh Heni Wahyuni ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research) dengan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah kitab Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah, yang diteliti secara mendalam untuk mengetahui bagaimana penyajian materi pembelajaran bahasa Arab bagi penutur asing, serta keefektifan materi tersebut dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab ini secara komprehensif menggabungkan pembelajaran bahasa dengan pengenalan budaya Arab. Hal ini memberikan pendekatan holistik dalam pengajaran bahasa, yang sangat relevan bagi pembelajar bahasa Arab non-penutur asli. Dengan metode komunikatif, kitab ini memfasilitasi pembelajaran empat keterampilan utama bahasa, yaitu keterampilan berbicara (maharatul kalam), menyimak (maharatul istima'), membaca (maharatul qiraah), dan menulis (maharatul kitabah).
Penelitian ini juga menyoroti pentingnya seleksi dan gradasi materi dalam penyajian yang sistematis, serta penggunaan repetisi yang efektif. Keempat aspek ini membuat kitab Ta'lym Al-Lugah Wa Ats-Tsaqafah Li An-Naṭiqyn Bi Gairy Al-'Arabiyyah sangat sesuai digunakan sebagai bahan ajar dalam pengajaran bahasa Arab, khususnya bagi pembelajar yang tidak berbicara bahasa Arab sebagai bahasa ibu.
Tesis ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan materi ajar bahasa Arab, dengan mengedepankan teori pembelajaran yang sistematis dan efektif, serta memperkaya cara pandang terhadap pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi pengembangan pendidikan bahasa Arab di berbagai institusi.